Fenomena rotasi maupun revolusi bumi tentunya memberikan dampak bagi kehidupan yang ada bumi mulai dari terjadi siang dan malam dan juga perbedaan dan pergantian musim di berbagi belahan bumi. Lebih lanjut Nur dan Yani (2009: 34-43) menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi akibat gerak rotasi dan revolusi bumi yaitu sebagai berikut: (1) rotasi bumi. Beberapa dampak yang ditimbulkan dari adanya rotasi bumi yaitu: (a) pergantian siang dan malam, (b) adanya peredaran semu harian benda langit, (c) perbedaan waktu, (d) pembelokan angin. (2) revolusi bumi. Beberapa dampak yang ditimbulkan dari adanya rotasi bumi yaitu: (a) pergeseran antara GBU dan GBS, (b) perubahan panjang waktu siang dan malam, (c) pergantian musim.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari adanya rotasi dan revolusi bumi mulai dari pergantian siang dan malam, perbedaan waktu, sampai pada pergantian musim semua fenomena-fenomena tersebut secara sadar ataupun tidak sadar merupakan fenomena-fenomena yang akrab dengan aktivitas kehidupan manusia di bumi sehingga penting untuk mempelajari dan memahami tentang dampak dari rotasi dan revolusi bumi tersebut agar dapat menjaga dan melestarikan hidup dan kehidupan yang ada di bumi.

Ilustrasi untuk dampak rotasi dan revolusi bumi terhadap kehidupan di bumi tersebut dapat disimak melalui video di bawah ini:

DAFTAR PUSTAKA:

Yani, A., & M. Nur, D. 2009. Handout Matakuliah Kosmografi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *